June 15, 2013

ichiban sushi - margo city depok

at Saturday, June 15, 2013


"silakan, mbak.. untuk berapa orang?" 

sambil tersenyum pelayan yang berdiri di pintu masuk itu mempersilakan kami masuk. memang, di pintu masuk berdiri beberapa pelayan. mereka sedang bersenda gurau sambil menunggu tamu. lantunan lagu-lagu lawas nan lembut menemani kami selama di sini. dua kali aku ke sini saat weekdays sore hari dan weekend, dua-duanya memberikan suasana berbeda tapi masih tetap dengan tipe lagu yang sama. kala weekdays, suasana sepi dengan lagu lembut sepadan, sementara saat weekend, tentu saja ramai sekali hingga agak sukar mendapat tempat. memang, tempat ini tidak besar. ada beberapa tempat seperti agak maksa letaknya serta mepet-mepet sekali. bahkan aku lupa kalo lagu-lagu lembut itu masih diputar terus menerus. suaranya kalah dengan bisingnya keadaan.
sedang asiknya menikmati makanan sambil menghayati lagu-lagu lawas nan lembut dan suasana pun mendukung, seorang pelayan wanita menghampiri area sekitar di mana aku duduk sambil membawa gagang sapu. ya! dia dengan cueknya menyapu di sampingku. tak ada sapa, tak ada kata, tak ada senyuman. lalu dia berlalu begitu saja. dua kali aku makan di sini, dua-duanya memberikan pengalaman yang sama. di salah satu makanan yang aku pesan ada rambutnya. kejadian lainnya, saat weekend, yang pasti ramai pengunjung, eh ternyata pengunjung ichiban sushi ini tak hanya manusia saja, tapi juga lalat. lalat bolak balik menghampiri pesanan-pesanan kami yang telah tersaji di meja.
bentuk tempat ichiban sushi margo city ini simpel saja. hanya persegi panjang tok'. sebenarnya cukup bersih, ntah mengapa bisa ada lalat-lalat berlalu lalang, di mal pula. para pelayannya pun ramah-ramah sebenarnya. ketika minta bill, sang manager yang datang menghampiri, lalu dia dengan cekatan dan sambil tersenyum bertanya, "kok ngga habis? dibungkus saja ya?" tentu kami menolak, bagaimana bisa bawa pulang makanan yang ada rambutnya.
dinding-dindingnya ditaburi gambar-gambar sushi. aku suka liatnya. seru aja.
like i said before, penempatan pada tempat duduknya agak maksa. ya emang mau gak mau di set kaya gitu kayanya, karena keterbatasan luas tempat dan pengunjung yang ramai. jadinya, ya agak ngga nyaman duduknya. bersempit-sempitan gitu. belum lagi, ada tempat duduk yang agak menghalangi jalan.
ichiban sushi margo city buka sejak pukul 10.00 wib - 22.00 wib setiap hari. 
di sini juga ada tempat outdoornya. cuma ya sedikit sekali tempatnya. seperti mengingatkanku pada teras rumah. makan di outdoor ngga enaknya mungkin kalo pelayannya lagi di dalam semua jadi susah manggilnya. belum lagi banyak orang berlalu lalang.
di meja, terdapat saus sambal, kecap asin, dan bubuk cabai. 
biasanya, di mana ada sushi, pasti ada ocha, dan di mana ada ocha, pasti ada refill, tul'? iya, di sini tentu aja ochanya bisa gratis isi ulang sepuasnya, sementara rasanya tidak terlalu 'ocha'. pelayan-pelayannya cukup jeli kalo liat ocha yang hampir habis atau tinggal setengah gelas, terus inisiatif langsung isiin kembali gelasnya sampai penuh. tapi ada juga sih yang harus dipanggil dulu baru diisiin. eh, kecap asinnya juga ngga begitu 'kecap asin'.
untul kisaran harga, ichiban sushi ini termasuk murah menurutku. menu yang di atas IDR 100.000 bisa dihitung dengan jari. untuk jenis menu juga ngga sushi-sushi amat. bisa diliat dengan tanda 'ada saus sambal di meja'.
                 menu book.

nah, kalo bingung mau mesan apa, tenang, di menu book ada rekomendasi untuk menu-menu pilihan. ada tanda jempol untuk beberapa menu yang menandakan menu itu merupakan menu yang paling banyak peminatnya. menu book akan diberikan begitu tamu duduk. tak lama setelah menu book diberi, pelayan kembali datang dengan membawa tempat kecil yang berisikan wasabi. tempat kecil ini merupakan tempat yang biasa digunakan untuk kecap asin. biasanya, hanya satu tempat kecil yang dikasih wasabi. tidak ada lagi piring kecil sejenisnya sebagai wadah makan kita kecuali tempat kecil untuk kecap asin itu.
untuk menu minuman, ngga banyak pilihan. antara lain yang aku ingat cuma ada ocha, jus, soft drink, milo. aku coba milonya rasanya terlalu manis. jadi agak mual.
beberapa menu yang pernah aku coba, diantaranya :
idr 40.000,-
this is beef yakiniku, carrot, onion, green paprika
idr 39.091,-
this is crab meat, caviar, egg roll, avocado, cucumber, mayonnaise
idr 35.455,-
i don't like the smell BUT i do really like the taste!
this is fried thick noodle with sliced beef, onion, carrot, katsuo bushi, and slices of tomato and cucumber
idr 39.091,-
this is tuna fish loose, egg roll, crab meat, mayonnaise
idr 27.273,-
chopped tuna with spring onion and mayonnaise sushi roll
(picture courtesy of  my sister, putri.)
idr 36.364,-
this is chicken (of course!), tofu, sauteed vegetables, rice
my sister said, the tofu taste weird. when she is tofu lovers.


ketika pulang, ada sedikit kejutan. bayar parkir sepuluh ribu, dapat kembalian sebelas ribu. lucu ya. hehe. mau dikembalikan lebihnya tapi tak bisa. karena sudah disuruh jalan tanpa babibu lagi. sudah banyak mobil terparkir dibelakangku soalnya. akhirnya tetap jalan. ketika di belokan, seperti biassa, sudah ada 'pak ogah' yang menanti untuk membantu membuka jalan. ku lihat uang yang ke ambil olehku untuk diberikan ke 'pak ogah' itu hanya dua ribu, ternyata pas sampai di rumah ku cek lagi, uang itu lima ribu, oh ternyata memang uang yang lebih dari kembalian parkir itu sepertinya memang dititipkan melalui ku untuk disampaikan ke 'pak ogah'. memang rejekinya dia. kalau rejeki memang ngga ke mana ya.. hehe.


margo city mall, ground floor (gf) unit 5
jl. margonda raya no. 358

0 comments:

Post a Comment

hello, thanks for the comment(s). have a fabulous day! =)

 

ANGELIC DEVIL Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos